11 Juli 2013

Sebelum 'Dieksekusi', Diki Cs Pamer Kisah Sukses Pukul Kepala Anggota TNI

Sebelum 'Dieksekusi', Diki Cs Pamer Kisah Sukses Pukul Kepala Anggota TNI

Bantul - Sidang kasus penyerangan Lapas II B Cebongan, Sleman dengan tiga terdakwa anggota Kopassus Grup-2 Kandangan Menjangan, Kartasura kembali dilanjutkan, Kamis (11/7/2013). Sidang yang berlangsung di Pengadilan Militer (dilmil) II/11 Yogyakarta ini masih mengagendakan tahapan pemeriksaan saksi.

6 Saksi merupakan tahanan/narapidana di Lapas Cebongan, yakni Tri Indriawan, Yusuf Sumarno, Fugiono, Rudi Handoko, Agus Bintoro dan Johny Hendrawan. Mereka bersaksi untuk terdakwa anggota Kopassus Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Kopral Satu Kodik.

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim Ketua Letkol Joko Sasmito dengan Oditur Militer Letkol (sus) Budiharto. Keenam saksi di hadapan majelis hakim memberikan keterangan secara bersama-sama.

Saksi Rudi Handoko mengungkapkan dirinya mengetahui 4 tahanan yakni Diki cs bersama 7 orang lainnya adalah tahanan pindahan dari Polda DIY. Informasi itu didapatkan dari salah satu tahanan kelompok Diki, Gamaliel Yermianto Rohi Riwu atau Adi.

"Tahu dari mana," tanya majelis hakim.

"Dia yang cerita sendiri," jawab Rudi.

Majelis hakim kemudian memperjelas bila yang omong itu adalah Adi.

Menurut Rudi, cerita itu disampaikan Adi dengan bangga sebelum 'kejadian' Sabtu, 23 Maret 2013 dinihari. Adi bercerita kepadanya kalau dia memukul seorang anggota TNI (Sertu Heru Santoso) dengan botol di kafe.

Semua saksi dalam pemeriksaan saksi di persidangan itu mengungkapkan kejadian penembakan di dalam sel Blok A 5. "Teman-teman lain sudah bangun dan kemudian ada yang teriak,' mana Diki'," ungkap Tri Indriawan.

Keterangan lainnya serupa dengan saksi sebelumnya. Yakni setelah Diki cs ditembak, para tahanan bertepuk tangan. Namun sebagian tidak mengetahui siapa yang memerintahkan.

Menurut dia, pelaku menggunakan penutup kepala atau sebo. Hanya satu orang yang masuk serta membawa senjata laras panjang.

"Saya tidak tahu atau mendengar dengan jelas. Saat teman-teman lain ikut tepuk tangan, saya juga ikut karena takut," katanya.

Seusai mendengarkan keterangan keenam saksi, sidang akan dilanjutkan kelmbali pada hari Jumat (12/7/2013) dengan menghadirkan 8 saksi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar