15 Mei 2013

TIPS JADI PNS

TIPS SUKSES MENGHADAPI TES CPNS

Ditengah sulitnya mencari pekerjaan saat ini menjadi PNS masih merupakan pilihan yang banyak didambakan masyarakat di Indonesia. Untuk menghadapi tes CPNS dengan sukses, perlu persiapan yang matang. Bagi anda yang ingin tips sukses menghadapi tes CPNS? tips sukses menghadapi lulus tes CPNS ini mungkin yang perlu anda pelajari.

Alasan orang menjadi CPNS dibandingkan pekerjaan lain
Sudah menjadi tradisi dari, bahwa bekerja sebagai PNS lebih tinggi gengsinya dibanding bekerja swasta, pandangan seperti ini sudah berlangsung sejak jaman penjajahan Belanda. Pegawai pemerintah Hindia Belanda saat itu kastanya lebih tinggi dibanding rakyat biasa.
Hidup terjamin, menjadi PNS memperoleh gaji bulanan yang cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari, mungkin juga bisa menabung dan membiayai sekolah anak. Pada masa pensiun juga ada gaji pensiun di hari tua. Intinya benar-benar terjamin dari segi pendapatan.

Kalau sudah menjadi seorang PNS maka terbebas dari ancaman PHK kecuali melakukan perbuatan yang tidak terpuji misalnya asusila, korupsi (ada beberapa kasus di daerah tertentu seorang PNS yang sudah dipenjara karena kasus korupsi masih diangkat lagi jadi pejabat di posisinya semula alasannya tidak ada SDM yang memadai di daerah tersebut), tidak seperti bekerja di perusahaan swasta yang rawan di PHK apalagi pekerja kontrak (outsourcing) yang bekerjanya berjangka pada suatu perusahaan tertentu.

Waktu kerjanya lebih pendek, menjadi seorang PNS waktu kerjanya lebih pendek dibanding pekerjaan dibidang lain, dan inilah yang bisa di manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan bagi yang merasa gaji yang belum cukup.

Mudah di percaya oleh bank. Seorang PNS kalau mau meminjam uang pada bank akan lebih cepat di setujui, karena dengan jaminan SK uang yang hendak dipinjam tersebut akan cair.
Secara umum memang sulit mencari pekerjaan yang layak. Katanya Negara Indonesia tercinta ini tambah maju, pertumbuhan ekonominya 6 % per tahun ditengah krisis ekonomi negara-negara Eropa dan Amerika Serikat yang pertumbuhan ekonominya minus tapi menurut penulis Indonesia ini makin sulit, pengangguran bertambah banyak ini mungkin disebabkan karena korupsi yang masih marak di berbagai bidang.
Persiapan dan tips sukses menghadapi tes CPNS

Ada pepatah bijak mengatakan “Orang yang jenius tidak lebih baik dari orang yang rajin, mau belajar dan berusaha dalam hal mencapai tujuannya”. Maka lakukanlah persiapan mudah-mudahan anda sukses menghadapi tes CPNS yang akan anda jalani.

a.) Sebelum tes CPNS yang perlu anda lakukan

Mencari soal-soal tes CPNS yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan anda. Cari soal-soal tes CPNS jauh sebelum adanya ujian tes CPNS itu sendiri. Kalau sulit mendapatkannya jangan ragu mengeluarkan uang untuk membeli kalau memang ada yang menjualnya. Karena itu merupakan investasi anda untuk masa depan yang lebih terjamin.

Membahas soal-soal tes CPNS yang kita dapat. Untuk memperdalam pengetahuan yang kita miliki maka kita perlu mereview soal-soal sehingga pengetahuan yang masih kurang dalam bidang tertentu dapat kita perdalam lagi. Soal yang tidak kita ketahui jawabannya kita cari jawabannya di literature yang tepat. Bisa juga jawaban yang tidak kita ketahui itu di cari di internet melalui situs-situs pencari seperti www.google.com, www.yahoo.com, dan lain-lain. Kita masukkan kata kunci yang ingin kita ketahui ke kotak pencarian maka akan ditunjukkan situs-situs yang memuat kata kunci yang kita cari tersebut. Bukalah situs tersebut baca dan teliti mungkin ada keterangan mengenai kata kunci yang ingin kita ketahui. Agar lebih cepat dan efisien dengan metode tersebut kita bisa memanfaatkan internet dari handphone (HP) melalui Opera mini. Handphone jaman sekarang rata-rata memiliki Opera mini. Bagi HP yang memiliki Java silakan coba install Opera mini ter-update, anda dapat mendownload dari m.opera.com dan menginstal langsung di HP (Untuk menginstal Opera mini di HP akan penulis jelaskan di bagian lain).

Melakukan simulasi tes CPNS sehingga mendapat gambaran sejauh mana kemampuan kita dalam menghadapi tes CPNS . Simulasi berupa membuat seperti seolah-olah kita berada dalam suatu tes CPNS yang sebenarnya. Menjawab soalnya juga memakai lembar jawaban seperti pada tes CPNS pada umumnya yaitu menghitamkan lembar jawaban dengan pensil 2B. Lembar jawaban yang khusus untuk komputer banyak dijual di toko-toko buku



Mencari di daerah/instansi mana yang ada lowongan CPNS yang sesuai pendidikan kita sebagai pelamar. Ini bisa dilakukan dengan rajin membuka internet cari di www.google.com, situs berita online, situs yang memberitakan tentang tes CPNS, surat kabar, atau dari teman-teman/koneksi anda sendiri.
Pelajari cara pendaftarannya tes CPNS-nya, apakah secara manual (langsung ke petugasnya) atau daftar secara online terlebih dahulu baru kemudian penyerahan berkas ( tentunya kalau yang secara online ini anda harus mengetahui alamat domainnya (misalnya www.contoh.com) pastikan anda telah melakukannya dengan benar).

Kalau tes CPNS tersebut di kota lain tentunya anda harus siap-siap berpindah sementara ke kota tersebut dan menghubungi saudara, teman yang bisa membantu anda.
Meneliti persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar tes CPNS, misalnya surat lamaran yang ditulis tangan dan harus sesuai dengan format yang ditentukan, fotokopi ijazah yang dilegalisir (perlu diingat pada legalisiran harus tanda-tangan asli dari pejabat yang berwenang di sekolah/kampus, tanda-tangan jangan cap berresiko berkasnya tidak diterima pada saat pendaftaran), fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir, pasphoto, dan lain-lain.

Beberapa hari sebelum tes CPNS, anda mempersiapkan alat tulis, alas tulis yang datar (lempeng triplek 30 x 20 cm2 ), pulpen, pensil 2B special computer, penghapus, lap tangan, alat pencetak bulatan berupa sejenis penggaris yang di tengahnya terdapat lingkaran kecil yang dapat ditempelkan pada pilihan a b c d e pada lembar soal kemudian ditandai dengan pensil 2B sehingga tidak lewat dari lingkaran yang ditentukan biasanya dengan cara ini lebih cepat.

Pada saat tes CPNS kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap mudah, kemudian baru ke soal yang sulit. Jangan anda habiskan waktu untuk mengerjakan soal yang tidak bisa dikerjakan siapa tahu soal-soal yang lain bisa anda kerjakan, nilai tiap nomor soal adalah sama.



Setelah selesai tes CPNS anda berdoa semoga diterima di Instansi yang anda lamar tersebut.
Cari tahu kapan tanggal pengumuman kelulusan tes CPNS yang baru dilaksanakan tersebut. Pengumuman kelulusan tes CPNS tersebut bisa melalui koran, website resmi instansi tersebut, atau di papan pengumuman yang ditentukan oleh instansinya.

Sambil menunggu, anda perlu memantau lowongan kerja yang lain.
Semakin banyak anda melamar pekerjaan melakukan test peluang untuk mendapat pekerjaan semakin tinggi.

Jadi kesimpulannya, tips sukses menghadapi dan agar lulus tes CPNS ini adalah persiapan yang matang. Demikian tips sukses tes CPNS dari penulis semoga bermanfaat…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar