4 Mei 2013

PEMILU MALAYSIA ADU TANK

Pemilu Malaysia

Ada-ada Saja! Adu 'Tank' & 'Jet Tempur' di Pemilu Malaysia

oleh Elin Yunita Kristanti
Posted: 04/05/2013 08:16
Ada-ada Saja! Adu 'Tank' & 'Jet Tempur' di Pemilu Malaysia
Liputan6.com, Kuala Lumpur : Tank, roket, helikopter, dan pesawat tempur bertebaran di seantero Malaysia. Namun, tak ada kaitan sama sekali dengan konflik militer negeri jiran dengan pasukan loyalis Sulu, Filipina, Jamalul Kiram III yang sempat membuat wilayah Sabah menjadi medan tempur.

Melainkan untuk merayakan perhelatan akbar 5 tahunan, Pilihan Raya Umum ke-13 Malaysia. Terutama dilakukan para pendukung Barisan Nasional (BN) dan Parti Islam Se-Malaysia (Pas). Tak ketinggalan suporter Pakatan Rakyat (PKR).

Foto-foto tank dan pesawat jadi-jadian itu bertebaran di dunia maya, lewat jejaring sosial. Menambah semarak suasana pemilu. "Ada-ada saja para pendukung, macam mau perang saja," kata Nik (27), warga Malaysia, saat ditemui di Bandara LCCT Kuala Lumpur, Sabtu (4/5/2013).

Seperti yang dilakukan pendukung Pas di Kampung Chetok, Kelantan. Mereka membuat 'kereta kebal' -- nama lain dari tank -- berbahan bambu yang dibalut kertas warna-warni.

Calon PAS dari Chetok, Abdul Halim Abdul Rahman mengatakan, replika ini menggambarkan kekuatan pendukung dalam rangka menumbangkan saingan, khususnya Barisan Nasional -- koalisi partai pemerintah.

Kereta kebal itu diberi label "Ops Gempur Putrajaya" -- untuk menghalau pemerintahan yang kini berkuasa di Putrajaya.

"Semua penduduk di Kampung Tok Dadap bekerja sama selama sebulan. Ada yang menjahit, menggantung bendera, dan memaku kayu membentuk kereta kebal," kata dia seperti dimuat situs Sinar Harian.


Ada juga model pesawat tempur, dengan warna dominan hijau, dan dihiasi Bendera Malaysia. Yang juga karya pendukung Pas.


Pendukung Barisan Nasional tak mau ketinggalan. Di Kampung Sungai Acheh, warga yang dipimpin Adnan Hassan (48) ini membuat replika tank yang menjadi simbol pertempuran dalam pemilu.

"Menjadi simbol kekuatan untuk menghadapi serangan pembangkang (oposisi). Sekaligus menghormati perjuangan perajurit yang berkorban tenaga dan nyawa mempertahankan keamanan negara di Lahad Datu, Sabah," kata dia seperti dimuat Sinar Harian.


Begitu juga dengan pendukung partai oposisi, PKR yang membuat tank yang digerakkan dengan sepeda motor.
"Kereta kebal Pakatan Rakyat sudah bersiap sedia untuk mengempur BN pada- PRU13," demikian keterangan yang menyertai video di YouTube tentang kampanye unik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar