25 April 2013

PILGUB JATENG KURANG GREGET

Sosialisasi Pilgub Jateng Dinilai Kurang Greget
 0
 
 0
SEMARANG, suaramerdeka.com - Sampai kini, masih banyak masyarakat Jateng yang belum tahu bahwa pada 26 Mei 2013 dilaksanakan Pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng. Hal ini ditengarai karena sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng yang kurang.
Wakil Ketua DPW Partai Hanura Jateng, Achmad Sulchan mengatakan, sosialisasi KPU selama ini kurang greget. "Sebenarnya baru mulai sekarang atau kemarin tidur. Saya melihat masyarakat belum banyak yang mengetahui Pilgub Jateng 26 Mei 2013," kritiknya dalam acara sosialisasi pencalonan Pilgub Jateng 2013 di kantor KPU Jateng, Selasa (11/12).
Menurutnya, sosialisasi bisa dilakukan secara masif melalui media cetak dan elektronik. Selain itu juga dengan pemasangan spanduk di jalan-jalan, di perkantoran, lingkungan SMA dan perguruan tinggi. "Atau via SMS bekerjasama dengan operator perusahaan telekomunikasi," katanya.
Ketua KPU Jateng Fajar SAKA mengatakan, pemasangan spanduk dan baliho serta sosialisasi di media lain sudah dijadwalkan. Menurutnya, pada Januari 2013 ada sekitar 7 juta warga di Jawa Tengah dipastikan akan mengetahui pelaksanaan Pilgub.
Sebab pada bulan tersebut pihaknya melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih. Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang telah diserahkan pemprov Jateng, segera akan dicocokkan dengan data riil di lapangan. Setiap keluarga yang telah diverifikasi, petugas KPU akan menempelkan stiker di masing-masing rumah.
Verifikasi data pemilih itu akan dimulai pada 6 Januari tahun depan, dan dijadwalkan berakhir pada 4 Februari."Selain untuk memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih, juga disosialisasikan tanggal hari H pemungutan suara," kata Fajar.
Berdasarkan data DP4, terdapat sejumlah 29.629.952 jiwa warga Jateng yang memiliki hak pilih dari total penduduk Jateng sebanyak 39.291.216 jiwa. Dari jumlah itu, sebanyak 19.760.317 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 19.530.899 orang berjenis kelamin perempuan.
"Hasil pencocokan data tersebut selanjutnya menjadi data pemilih sementara (DPS) yang akan diverifikasi lebih lanjut, untuk menetapkan data pemilih tetap (DPT)," ujarnya.
Angggota KPU Jateng Divisi Pencalonan Nuswantoro Dwi Warno menambahkan, sosialisasi Pilgub akan dilakukan di media elektronik dan cetak di kabupaten dan kota. "Tahun 2012, lebih banyak kegiatan di (KPU) kabupaten dan kota,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar